Selasa, 25 Juli 2017

Program Kecacingan 2017

1. Cacingan adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh cacing perut yang penularannya melalui tanah lalu berkembang biak dalam sistem tubuh.

2. Gejala kecacingan : lesu, mudah lelah, mudah sakit, kurang nafsu makan, badannya lebih kecil dibandingkan anak sebayanya, sulit konsentrasi belajar, gangguan saluran pencernaan, gatal di daerah dubur terutama malam hari.

3. Bahaya kecacingan : pertumbuhan fisik anak terganggu, merusak perkembangan kognitif, membatasi kemajuan pendidikan anak

4. Apa yang harus dilakukan??? yang pertama yaitu menjaga kebersihan, periksa setiap 6 bulan sekali (minum obat cacing), menyebarkan informasi di lingkungan sekitar.

5. Cara penularan : telur cacing dapat terbang dan hinggap pada makanan, larva cacing tambang dapat menembus pori-pori, gejala awal cacingan tidak terlihat, anak yang terlihat sehat dapat menderita cacingan, telur cacing dapat menginfeksi melalui tangan dan makanan tercemar, pada infeksi cacing kremi 1 orang menderita 1 keluarga dapat tertular, 1 orang dapat menderita infeksi lebih dari 1 jenis cacing.

Program kecacingan dilaksanakan pada tgl 24-31 Juli 2017 (TK/PAUD/SD) dan Bulan Agustus dilaksanakan di Posyandu bersamaan dengan Vitamin A.
Diberikan pada usia 1-12 th.
Pastikan bahwa anak anda mendapatkan obat cacing untuk mencegah kecacingan